10 Wisata Religi Terpopuler di Indonesia

1. Keraton Kesepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi oleh sobat travel. Keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Selain sebagai Keraton tertua di Cirebon, luas wilayahnya pun cukup luas mencapai 25 hektar. Hingga kini menjadi keraton yang termegah dan paling terawat di Cirebon. Bangunan peninggalan sejarah ini, sekarang menjadi salah satu tempat tujuan favorit wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Sesampainya di Keraton, sobat travel bisa mengunjungi Museum Pusaka Keraton Kasepuhan dan melihat benda-benda pusaka milik sultan dahulu. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah, sedangkan bangunan utamanya berwarna putih. Di dalam bangunan utama terdapat singgasana  sultan dan ruang tidur.

2. Ziarah Makam Wali Songo

Masuknya Islam ke Pulau Jawa dikarenakan dakwah hebat yang dilakukan 9 orang wali Allah SWT. Kesembilan orang itu kemudian terkenal sebagai Wali Songo. Atas jasa-jasanya, mereka dikenang sebagai tokoh penting Indonesia. Karena itulah tradisi ziarah ke makam Wali Songo menjadi rutin dilakukan oleh banyak masyarakat Jawa pada khususnya. Lantas, dimana aja sih makam Wali Songo? 
1. Makam Sunan Ampel di Surabaya
2. Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik di Gresik 
3. Makam Sunan Bonang di Tuban
4. Makam Sunan Drajat di Lamongan
5. Makam Sunan Kudus di Kudus
6. Makam Sunan Muria di Jepara
7. Makam Sunan Kalijaga di Demak
8. Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

 

3. Makam Sunan Amangkurat 1

Berkunjung ke areal pemakaman ini tidak seperti sedang berkunjung ke pemakaman. Karena area ini terlihat rapih dan bersih, bahkan jauh dari kata seram. Dari luar, bangunan ini dikelilingi oleh
tembok bata dengan luas sekitar 1,1 Ha.
Sunan Amangkurat I merupakan putra ke sepuluh dari Sultan Agung yang lahir pada tahun 1619. Nama aslinya adalah Raden Mas Sayidin. Pada tahun 1645 beliau diangkat menjadi Raja mataram
menggantikan ayahnya dan mendapat gelar Susuhunan Ing Alaga. Ketika dinobatkan secara resmi pada tahun 1646, gelarnya menjadi Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Agung.

WhatsApp Chat me